Monday, 28-10-2024
  • “Menciptakan sekolah yang berprestasi, sehat, berkarakter, dan agamis (BERSEKA)”

Sejarah Singkat

SMA Negeri 2 Cibinong adalah satuan pendidikan yang berlokasi di salah satu Desa terpencil yang berada di Kabupaten Cianjur. Lokasi sekolah yang tidak berada di jalan raya memberikan lingkungan belajar yang kondusif. Fasilitas pembelajaran yang dilengkapi dengan laboratorium, mampu mendukung siswa untuk mengembangkan potensinya secara maksimal.

Pada awalnya, SMA Negeri 2 Cibinong adalah kelas jauh (filial) dari SMA Negeri 1 Cibinong. Karena keterbatasan kapasitas di SMA Negeri 1 Cibinong, pada tahun 2013, didirikanlah kelas jauh SMA Negeri 2 Cibinong yang kala itu menumpang di SMP Negeri 4 Cibinong. Seiring berjalannya waktu, SMA Negeri 2 Cibinong pindah lokasi di Jalan Dwi Tunggal RT.003 RW.003 Desa Padasuka Kecamatan Cibinong, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Sekolah ini didirikan dalam upaya menyediakan pendidikan masyarakat di sekitar kecamatan Cibinong terutama Desa Padasuka yang tidak terjangkau oleh sekolah Negeri yang telah ada.

Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya mutu serta kualitas peserta didik dan tenaga kependidikan SMA Negeri 2 Cibinong kemudian dipercaya oleh Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat. Saat itu, untuk mengelola kelas-kelas jauh yang sekarang telah menjadi SMA Negeri 2 Cibinong.

Dengan kondisi seperti itu, SMA Negeri 2 Cibinong yang pada awalnya adalah sekolah binaan khusus, kemudian berubah status menjadi salah satu SMA Unggulan yang berlokasi di Cibinong. Keunggulan itu patut diacungi jempol dengan berhasilnya sekolah ini meraih peringkat ke-5 perolehan nilai Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2014/2015 Se-Jabar setelah SMA Negeri 1 Cibinong.

Untuk karakteristik Sosial dan Budaya Lingkungan Sekolah adalah Mayoritas pelajar berlatar belakang ekonomi menengah dan berasal dari lingkungan masyarakat pedesaan yang mayoritasnya adalah petani dan pekebun. Mayoritas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan juga berasal atau sudah lama tinggal di daerah sekitar sekolah.

Mulai Tahun Pelajaran 2013-2014 SMA Negeri 2 Cibinong telah menyelenggarakan sistem belajar moving class. Hal tersebut dilaksanakan sebagai persiapan SMA Negeri 2 Cibinong menjadi Sekolah Kategori Mandiri (SKM), yang secara bertahap namun pasti seluruh stake holder SMA Negeri 2 Cibinong akan meningkatkannya menjadi Rintisan Sekolah Bertaraf nasional.

Recent Posts

Archives

Categories

Alamat:

JL. DWI TUNGGAL RT. 003 RW. 003 DESA PADASUKA, Padasuka, Kec. Cibinong, Kab. Cianjur Prov. Jawa Barat